SELAMAT DATANG DI BLOG MTs.DAN SMP.HASYIM ASY'ARI SUMBERSUKO %

Senin, 01 Juni 2009

Sejarah MTs.Hasyim Asy'ari Labruk Kidul

Berdirinya lembaga Pendidikan Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asy’ari ini atas prakarsa para tokoh umat Islam dan Tokoh Masyarakat Labruk Kidul Lumajang melalui jalan musyawarah pada sekitar tahun 1986.
Dalam musyawarah tersebut terdapat perbedaan pendapat di antara setiap kalangan yaitu tentang penentuan jenis lembaga pendidikan yang akan di dirikan apakah SMP atau MTs.
Mengingat belum adanya lembaga pendidikan setingkat SMP dan menimbang banyaknya masyarakat yang berkeinginan didirikannya lembaga pendidikan berbasis Islam, maka diputuskan bahwa lembaga yang akan didirikan adalah MTs yang kemudian di beri nama Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asy’ari dan bertempat di Desa Labruk Kidul Lumajang.
Karena pada awal berdirinya lembaga pendidikan ini belum berbentuk yayasan maka ijin penridiannya di urus oleh LP. Ma’arif Kabupaten Lumajang dan ijin yang dikeluarkan oleh Departemen Agama kabupaten Lumajang tertanggal 21 September 1987.
Pada tahun pertama ajaran baru Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asy’ari menarik simpati masyarakat sehingga dapat merekrut siswa sebanyak 30 siswa. Dengan kepala sekolah pertama yaitu Bapak Muchtaba, BA. Dan Ketua Pengurus Bapak M. Sya’roni serta didukung oleh tenaga pendidik sebanyak 11 Orang.
Kegiatan belajar mengajar tanpa seperangkat sarana dan prasarana tidak akan berjalan lancar, untuk itu pada tahun pertama kegiatan belajar mengajar Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asy’ari di tempatkan di TK Muslimat NU Labruk Kidul Lumajang.
Pada sekitar tahun 1988 Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asy’ari mendapat tanah wakaf seluas 850 m2 yang berlokasi disebelah barat jalan raya dan di apit oleh kantor Kemantren (Kantor Kecamatan Sumbersuko sekarang) dan Masjid Al-Roudho Labruk Kidul Lumajang milik H. Abdur Rochim selaku tokoh sebuah pendidikan.
Selang 1 Tahun tanah tersebut sudah bersertifikat atas nama Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asy’ari tepatnya pada tahun 1989.
Tidak lama kemudian mulai menjalani proses pembangunan gedung sekolah yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat di Labruk Kidul Lumajang sehingga pembangunan yang berlangsung selama + 1,5 Tahun ini merupakan swadaya masyarakat murni yang menyelesaikan 2 lokah gedung dan 1 ruang kantor.
Pada sekitar tahun 1990 gedung tersebut mulai ditempati, jumlah seluruh siswa mencapai 67 siswa dan lembaga ini berstatus terdaftar.
Pada periode 1990 – 1991 Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asy’ari di kepalai oleh Bapak Basthomi menggantikan Bapak Muchtaba,BA dengan jumlah seluruh siswa 74 siswa. Dengan jumlah Guru 15 Orang. Dan sekitar tahun 1992 melaksanakan pembangunan untuk menambah kelas yang dilakukan swadaya murni masyarakat.
Pada tahun 1993 Pengurus mulai berbadan hukum dengan nama “Yayasan Pendidikan Hasyim Asy’ari” dengan ketua yayasannya Bapak M. Sya’roni.
Setelah melaksanakan akreditasi I (1993-1994) Dan status Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asy’ari menjadi “ DIAKUI “ , kegiatan belajar mengajar yang sejak awal berdiri dilaksanakan sore hari di rubah menjadi pagi hari yang di kepalai oleh Bapak M. Nurul Islah.
Pada masa kepemimpinan Bapak M. Nurul Islah penambahan lokal dilakukan lagi dengan menambah 3 lokal dan selesai pada tahun 1996.
Pada akreditasi II tahun 1998 Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asy’ari mendapat waqaf tanah seluas 2.000 m2 yang terletak di sebelah barat gedung Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asy’ari milik H. Abdur Rochim beserta Istrinya dan pada tahun 1998 tanah sudah bersertifikat atas nama Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asy’ari.
Pada sekitar tahun 2000 – 2001 Dinas P dan K Propinsi Jawa Timur memberikan bantuan Imbal Swadaya sebesar Rp. 30.000.000,00 untuk merehab gedung lama yang mulai rusak dimakan usia.
Pada tahun 2001-2002 Pemda Kabupaten Lumajang juga memberikan bantuan dana Revitalisasi sebesar Rp. 85.000.000,00 untuk merehab berat sebanyak 7 lokal.
Pada Tahun 2002 – 2003 Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asy’ari kembali mendapatkan bantuan dari P dan K Kabupaten Lumajang berupa dan Imbal swadaya sebesar Rp. 30.000.000,00 untuk pengadaan penambahan ruang kelas baru (RKB).
Bantuan serupapun mengalir sebesar Rp. 40.000.000,00 pada periode 2003 – 2004. Dn dipergunakan untuk menambah 1 ruang kelas baru dan memperindah bangunan gedung yang ada. Jadi jumlah ruang yang di miliki sebanyak 9 ruang dengan rincian 6 ruang kelas, 1 ruang kantor, 1 ruang Guru, 1 ruang lab. Komputer dan ruang lainnya seperti : Perpustakaan, UKS, Kantin, Kamar mandi dan parkir.
Pada akreditasi III tahun 2004 – 2005 MTs. Hasyim Asy’ari mendapat nilai B dan saat ini statusnya terakreditasi seperti yang tampak di depan pintu masuk MTs. Hasyim Asy’ari dan alhamdulillah semakin tahun peminatnya semakin meningkat hal ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat semakin besar terhadap lembaga pendidikan sekolah yang berbasis Islam.
Dan pada Tahun 2007 – 2008 Estafet kepemimpinan kepala sekolah di lanjutkan oleh Bapak M. Kholid Fadli sampai sekarang. Semoga MTs. Hasyim Asy’ari terus tegak dan berjalan sampai akhir zaman. Itulah harapan kami Amin Ya Robbal Alamin.
Demikian sejarah ringkas Lembaga Pendidikan Hasyim Asy’ari yang berada di desa Labruk Kidul Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang Jawa Timur.

0 komentar:


MKF
Template by : kendhin x-template.blogspot.com